JAGPILJI 3,350 Down 350   GUMROSINPPHT3 2,250 Down 305   JAGPILSN 3,250 Down 150   JAGPILJB 3,350 Down (150)   JAGPILSU 3,500 Down 50   KEDELAIAJB 9,000 Down 0  
iPasar - Mitra Kesejahteraan dan Kemakmuran Bangsa  -  TRIBUNNEWS.COM : Pemerintahan Jokowi Targetkan Swasembada Padi Tahun 2015, Jagung 2016, dan Kedelai 2017  -  Republika : Gorontalo ekspor jagung ke Filipina  -  Cahayareformasi : Jajaki Naikkan Harga Jagung, Presiden Jokowi Minta Petani Semangat Hadapi Kompetisi  -  BLOG : INFORMASI TRANSAKSI PT. iPASAR INDONESIA  -  IPSR : Sepanjang Tahun 2012 Nilai Transaksi Lelang Kayu di iPASAR Mencapai Rp. 26 Milyar  -  TMPO : Produksi Terbatas, Harga Kopi Dunia Justru Turun   -  KMPS : Pemasaran Rumput Laut Diperluas  -  IPSR : Lelang Produk Petani Lewat Internet di iPASAR   -  IPSR : Harga Acuan Jagung Diperlukan  -  KKPG : iPasar Berhasil Fasilitasi Transaksi Kakao 

News

iPasar Berhasil Fasilitasi Transaksi Kakao
Dibuat pada: 2012-10-03

iPasar berhasil memfasilitasi transaksi fisik dan kontrak berjangka kakao (cocoa) Indonesia, transaksi melibatkan Bursa Berjangka Jakarta (BBJ) dan Lembaga Kliring Indonesia (KBI) sebagai penjamin jual beli.

Transaksi fisik kakao menggunakan metode lelang {auction). Pada saat yang sama kami merancang kontrak berjangka toward dan futures, bekerja sama dengan BBJ. Transaksi fisik harian kakao meningkat," kata Renji Betari, manajer analis perdagangan iPasar kepada Investor Daify di Jakarta, Rabu (22/2).iPasar merupakan badan usaha berbentuk Perseroan Terbatas (PT) yang memfokuskan kegiatan pada transaksi sejumlah komoditas, termasuk kakao. Badan usaha ini memiliki fasilitas transaksi yang bisa diakses secara luas.

Menurut Ren; Betari, transaksi fisik kakao menggunakan pelabuhan pengiriman atau delivery point Makasar, Sulawesi Selatan. Pelaku transaksi yang berminat pada kakao bisa langsung mengakses sistem iPasar dan melakukan penawaran beli atau jual. Penawaran beli dan jual kakao berdasarkan volume stok kakao yang tersedia di gudang penyimpanan (deliverypoint). "Transaksi fisik tersebut, bisa merangsang transaksi toward dan /i/toesdi BBJ. Kerja sama BBJ dan iPasar terbukti mampu meramaikan transaksi kakao di Indonesia," jelas Renji Betari.

Rangsang Produksi Sementara itu, Direktur BBJ Bihar Sakti

Wibowo mengatakan, kerja sama transaksi kakao dengan iPasar bisa merangsang produksi petani kakao. Sebab, produksi baru Jasa ditingkatkan jika ada kepastian harga kakao. Selama ini harga kakao mengacu ke bursa luar negeri, sehingga petani dan produsen kakao lokal tidak memiliki acuan harga. Akibatnya, harga jual kakao ditentukan oleh pedagang skala besar yang cenderung mempermainkan harga.

"Kerja sama dengan iPasar membuat pasar kakao makin tertata. iPasar fokus pada pasar fisik, sedangkan BBJ pada kontrak toward dan futures," jelas Bihar kepada Investor Daily, kemarin.

Menurut Bihar, saat ini petani bisa menggunakan harga acuan (reference price) kakao di BBJ untuk merancang produksi. Petani dipastikan mengetahui harga kakao terlebih dahulu agar produksinya tidak meleset "Estimasi produksi wajib memasuki variabel harga agar cost atau biaya produksi dan pendapatan bisa dihitung oleh petani," kata Bihar.

Renji Betari menambahkan, harga kakao pada awal semester II diprediksi naik. Sebab, saat ini terdapat sejumlah perusahaan konsumen kakao skala besar seperti Unilever meningkatkan, stok kakao. Perburuan stok kakao mengakibatkan persediaan menipis dan mendongkrak naik harga komoditas itu. Kemarin, harga kakao di pasar fisik iPasar berada di level Rp 2.400 per kg. Sementara harga kontrak toward dan futures di BBJ bertengger di level Rp 2,700 untuk pengiriman Juli 2012. "Pada se-mester II harga kakao akan bergerak pada level Rp 3000 ke atas per kg. September masuk musim panen kedua," jelas mantan wartawan itu.

Bihar menjelaskan, BBJ menetapkan ukuran kontrak atau contract sizr kakao sebesar 5 ton per satu lot Pada transaksi toward Aan futurrs, bursa itu menggunakan margin transaksi sebesar 556 dari nilai kontrak.

Rumput Laut

Sebelumnya, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) juga menggandeng iPasar dalam memfasilitasi transaksi rumput laut. Mekanisme transaksi berbasis online memastikan penjual maupun pembeli rumput laut tak perlu terlibat secara fisik. "Kami menerima penggunaan fesilitas iPasar karena sederhana dan bisa memangkas praktik cornering atau pembentukan harga searah," kata Victor PH Nikijuluw, dirjen Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan KKP, belum lama ini.

Victor Nikijuluw mengatakan, struktur pasar rumput laut cocok untuk dikembangkan secara elektronik. Di seluruh Indonesia terdapat ribuan produsen (pembudidaya), dan tersedia 29 pabrik pengolah serta ratusan pedagang. Kondisi ini cocok bagi pengembangan pasar dengan cara elektronik.

Direktur Pengembangan iPasar Dean Novel menjelaskan, penjual maupun pembeli rumput laut mengakses sistem elektronik iPasar dan mengkuotasi beli atau jual rumput laut. 

Sumber


Kembali ke arsip berita